Tuesday, September 18, 2012

Pressure Transducers

Tekanan merupakan kuantitas fisik penting untuk diukur dalam sistem industri. Transduser adalah salah satu cara populer dalam mengukur tekanan.Pressure Transduser bekerja dengan mengubah sinyal tekanan menjadi sinyal listrik analog biasanya sinyal 4 ... 20 mA.

Pressure Transduser dapat dirancang dengan menggunakan banyak prinsip. Yang paling banyak digunakan adalah transduser kapasitif dan transduser Piezo resistif.





Capacitive Pressure Transducer
Transduser kapasitif terdiri dari diafragma yang bekerja sebagai salah satu plat dari kapasitor. Sebuah permukaan konduktif tetap bertindak sebagai plat lainnya. Permitivitas ruang di antara pelat bervariasi karena diafragma bergerak dalam menanggapi tekanan yang terukur.


Perubahan kapasitansi ini diukur sebagai tekanan proses.

Transduser kapasitif digunakan untuk mengukur nilai tekanan yang sangat rendah. Pengukuran yang sangat akurat memungkinkan penggunaan transduser tekanan kapasitif.  
Piezo Resistive Pressure Transducers
Transduser Piezo resistif bekerja pada prinsip efek piezoresistif. Efek piezo resistif mengacu pada perubahan dalam resistivitas material dalam merespon kekuatan atau tekanan. Sensor piezo resistif digunakan secara luas dalam aplikasi biomedis serta dalam industri otomotif.


Sensor ini murah dan memiliki sensitivitas yang tinggi. Dapat diproduksi untuk berbagai pengukuran tekanan. 

Transduser Piezo Tekanan resistif terdiri dari diafragma yang terbuat dari silikon. Diafragma melengkung karena tekanan dari sistem yang akan diukur. 

Dipasang pada diafragma adalah empat resistor piezo yang biasanya disusun dalam bentuk jembatan Wheatstone. Ketika diafragma melengkung karena tekanan, Piezoresistor tunduk pada tegangan tarik atau tekan. Hal ini menghasilkan perubahan nilai resistansi yang diukur melalui pembentukan jembatan Wheatstone dan ditingkatkan sebagai pengukuran tekanan 

0 komentar:

Post a Comment

Please leave your constructive comments and use polite manner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Popular Posts

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More