Wednesday, January 16, 2013

Menguak Topeng Restorasi Nasdem


Solidaritas For Luviana (SOVI) kembali menggelar aksi di pembuka tahun 2013. Masih dengan isu yang sama, yakni menagih janji Surya Paloh, pemilik Metro TV yang juga pendiri Partai Nasional Demokrat (Nasdem), yang mem-PHK karyawannya, Luviana.

Luviana adalah jurnalis Metro TV yang di-PHK tanpa keterangan yang jelas dari perusahaannya, juga tidak digaji sejak Juni 2012. Anggota Aliansi Jurnalis Independen (AJI) yang bekerja hampir 10 tahun di Metro TV ini sebelum di PHK dibebastugaskan terlebih dahulu tanpa keterangan dari manajemen dan atasan.

Karena diberlakukan sewenang-wenang Luviana mempertanyakan posisi dan statusnya kepada manajemen termasuk kepada pemilik perusahaan, Surya Paloh. Pada 5 Juni 2012, Luviana didampingi Ketua AJI Jakarta Umar Idris, tim litigasi dan nonlitigasi Aliansi Menolak Topeng Restorasi (Aliansi Metro), bertemu dengan Suryo Paloh di Kantor Nasdem. Di dalam pertemuan, Surya Paloh mengatakan, akan mempekerjakan kembali Luviana di Metro TV. Namun, nyatanya janji yang diucapkan Surya Paloh hingga hari ini tak terealisasi.

Setelah janji mempekerjakan Luviana disampaikan, tak lama kemudian 27 Juni 2012, justru manajemen Metro TV mengirim surat pemecatan.

Saat ini kasus Luviana masih dalam proses di Polda Metro Jaya, dan sidang bipartit. Dan hari ini, para aktivis menemani Luviana kembali mendatangi Kantor Surya Paloh untuk menyerahkan rekomendasi yang dikeluarkan oleh Komisi Nasional Hak Asasi Manusia dan Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan.

Mereka berharap Surya Paloh dan jajaran petinggi Partai Nasional Demokrat mempelajari rekomendasi ini. Supaya bisa merealisasikan kampanye dan slogan yang selama ini digaungkan Partai Nasdem tentang demokrasi dan restorasi

Komnas HAM, surat nomor: 2.759A/K/PMT/XI/2012
Komnas Perempuan, surat nomor:083/KNAKTP/Pemantauan/Surat Dukungan/XI/2012

Adapun pendapat dari dua lembaga tersebut adalah;

1. Tindakan Metro tv merupakan pelanggaran berat dan tidak sesuai peraturan perundangan.

2. Meminta Metro tv Menghormati hak-hak karyawan dengan membayarkan gaji secara penuh.

3. Memberikan kebebasan pada karyawan untuk mendirikan serikat pekerja dan menjamin kebebasan untuk bergabung dalam organisasi.

4. Kebijakan PHK yang dilakukan Metro TV terhadap Luviana adalah tindakan tidak tepat, PHK merupakan upaya pembungkaman bagi buruh untuk berpendapat.

Partai Nasional Demokrat, merupakan salah satu partai politik yang akan mengikuti kontes politik perebutan kekuasaan pada 2014 dengan nomor urut 1. Partai Nasdem seperti kita ketahui melalui Suryo Paloh menjargonkan Restorasi Indonesia untuk perubahan Indonesia. Sejatinya, perubahan besar harus didahului dengan perubahan kecil. Suryo Paloh harus berani melakukan Restorasi Metro TV.

Metro TV adalah sebuah stasiun televisi swasta Indonesia yang didirikan oleh PT Media Televisi Indonesia. Stasiun ini resmi mengudara sejak 25 November2000di Jakarta. Sejak tahun 2003, komposisi kepemilikan saham Metro TV adalah 75% Suryo Paloh dan 25% PT. Centralindo Pancasakti Cellular. Secara de facto, Suryo Paloh memiliki saham 100%, karena ternyata ia juga berada di balik PT Centralindo Pancasakti Cellular. (Agus Sudibyo, Ekonomi Politik Media Penyiaran, LkiS & ISAI)

Ingkarnya janji 5 Juni 2012, tidak dibayarkannya gaji karyawan, sementara kasus belum mendapatkan putusan pengadilan, pemecatan sepihak karyawan tanpa keterangan merupakan bentuk penistaan demokrasi dari ruang terkecil, yakni perusahaan, Media Metro TV

0 komentar:

Post a Comment

Please leave your constructive comments and use polite manner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Popular Posts

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More