Friday, March 1, 2013

Tips Mengingat Nama Kenalan Baru dengan Mudah

Berjumpa atau berkenalan dengan orang-orang baru adalah aktivitas yang sudah biasa kita lakukan. Namun pernahkah ketika anda selesai bersalaman dengan orang yang baru dikenal, sesaat setelah itu anda telah lupa siapa namanya. Sering kali juga kita berpapasan dengan orang lain yang menyapa anda, sementara anda sendiri lupa siapa orang yang menyapa tersebut. Jika anda seorang guru, pasti anda juga terkadang lupa siapa nama-nama murid anda. Nah, saya akan share beberapa tips cara mudah mengingat nama dan wajah seseorang sebagai berikut :

1. Pastikan anda mendengar nama orang tersebut dengan jelas
Sering bertemu dengan orang-orang baru dan berkenalan tentunya menyenangkan, namun biasanya saat anda bertemu dengan orang tersebut dan bersalaman, anda hanya sekilas mendengar nama orang tersebut dan tidak jelas. Saat itu juga biasanya anda malas menanyakan kembali namanya yang jelas. Mulai sekarang dengarlah nama orang tersebut dengan jelas, jika tidak mendengar apa yang disebutkannya dengan jelas, tanyakan saja kembali namanya.


2. Gunakan nama orang yang baru dikenal tersebut pada awal-awal anda memulai percakapan
Mengulang kembali nama orang yang baru anda kenal pada awal-awal percekapan akan sangat membantu melekatkan nama tersebut di otak. Anda bisa memulai percakapan dengan menanyakan pertandingan sepak bola kemarin ataupun pekerjaannya dengan menyebutkan nama orang yang baru dikenal pada awal kalimat, seperti: “ Mbak Titi, kemarin lihat pertandingan Spanyol lawan Italy tidak?” atau “ Mas Tono sekarang bekerja dimana?”


3. Menganggap orang baru tersebut mengingatkan anda dengan seseorang
Anda mungkin pernah merasa, si A yang baru dikenal mirip dengan teman lama sewaktu SMA, si B mirip dengan mantan pacar anda, si C mirip artis atau nama si D sama dengan nama adik anda. Gunakan cara ini untuk me-recall ingatan anda tentang nama orang yang berkenalan dengan anda. Suatu saat jika bertemu lagi, cara ini akan sangat membantu anda. Contoh nama yang baru anda kenal adalah Eko, anda dapat membayangkan wajahnya berganti dengan pelawak Eko Patrio.


4. Menghubungkan dengan aktifitas rutin atau pekerjaan yang bersangkutan
Ingat nama seseorang yang anda kenal lalu coba buat cerita atau hubungkan dengan pekerjaannya. Contoh : nama orang tersebut Sally dan pekerjaannya sebagai sales. Setelah anda berkenalan dengannya coba hubungkan antara nama sally dan sales. Pertama anda ganti dulu nama sally dengan dengan sebuah kata/benda dengan kesamaan bunyi, seperti sally anda ganti dengan “sale”, lalu anda bayangkan seorang sales menjual pisang sale dan bunga lily


5. Hubungkan nama dengan wajahnya
Nah ini adalah menurut saya cara yang cukup ampuh, karena dengan metode ini, anda mampu mengingat wajah dan nama orang dengan cepat dalam jumlah yang banyak. Caranya adalah membayangkan suatu bagian wajah seseorang yang terlihat paling unik seperti jidad yang lebar, hidung yang pesek, telinga yang aneh dan lainnya dengan nama orang tersebut yang telah anda ganti namanya dengan bunyian kata yang lebih familiar ataupun anda juga bisa menghubungkannya dengan postur tubuh, gaya bicara ataupun gaya jalan orang tersebut. Makin lucu ceritanya, makin mudah mengingatnya. Saya akan memberikan contoh beberapa wajah orang dibawah ini beserta namanya (mohon maaf mencaplok Nama Bapak-bapak sekalian, cara ini murni hanya untuk mencontohkan metode mengingat yang ampuh).

Contoh yang pertama : Nama orang di foto ini adalah Faisal Basri (kiri) dan Gita Wirjawan (kanan)

Cara mengingatnya :
a. Ganti nama Faisal basri dengan kata “asal basi”, lalu cari bagian yang paling unik dari wajahnya. Menurut saya (maaf ni pak) kepala yang botak. Bayangkan makanan yang asal disentuh basi ditaruh dikepala yang botak
b. Bayangkan Gita Wirjawan menjadi Gita Gutawa yang naik ke atas awan (untuk mengganti nama Wirjawan), lalu ambil salah satu bagian yang unik dari wajah Pak Gita, sebut saja Jidadnya yang lebar. Kemudian anda bayangkan Gita Gutawa naik awan terbang lalu menabrak jidad orang yang lebar.

0 komentar:

Post a Comment

Please leave your constructive comments and use polite manner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Popular Posts

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More