Friday, September 13, 2013

Sekilas Tentang Motor CS (Capasitor Start)


Kapasitor-start (CS), atau lebih tepatnya, Motor Induksi Kapasitor Start (Capasitor Start Induction Run), merupakan modifikasi motor induksi split fase yang digunakan untuk beban start yang tinggi. Motor CS efisien dan membutuhkan arus starting sekitar 5 kali arus beban penuhnya.

Skema Gambar 1 menunjukkan bahwa sirkuit motor
CS sama dengan sirkuit motor SP, kecuali bahwa itu termasuk saklar starting sentrifugal dan kapasitor elektrolit AC bernilai kecil yang diseri dengan gulungan startingnya.
Gbr 1
Kurva torsi kecepatan untuk motor CS, Gambar 2, menunjukkan bahwa ia menyediakan sekitar dua kali torsi start dari motor SP. Kapasitor menurunkan arus starting motor dan meningkatkan perbedaan fasa antara arus dalam gulungan start & running sampai 90 °.
(Ini sekitar 60 ° lebih dari perbedaan fasa pada motor SP.)



Fungsi kapasitor hanya ketika motor CS dimulai, sehingga dapat menjadi relatif kecil dan murah. Gulungan bantu dan kapasitor terputus oleh switch starting sentrifugal saat motor CS mencapai sekitar 80 persen dari kecepatan berjalan.
Selanjutnya motor akan terus berjalan hanya dengan gulungan utama saja.

Motor CS mulai dari 1/8 sampai 3/4 HP.




Motor CS berjalan pada kecepatan konstan di bawah beban yang bervariasi, memberikan torsi running dan start tinggi, dan kapasitas overload tinggi. Jangkauan kecepatan sinkron beban penuhnya sesuai dengan motor SP rpm-865-3450 bila diberi tegangan AC 120/240-V.
Motor CS digunakan untuk menggerakkan peralatan mesin, kulkas dan kompresor AC, konveyor, pompa, blower, dan penggemar.







0 komentar:

Post a Comment

Please leave your constructive comments and use polite manner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Popular Posts

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More