Saturday, September 27, 2014

Bagaimana Mengukur Tahanan Isolasi Motor yang Baik ?

Cara Mengukur tahanan isolasi dari motor  

Jika motor tidak dioperasikan segera setelah tiba(shipping), penting untuk melindunginya dari faktor eksternal seperti kelembaban, suhu tinggi dan kotoran untuk menghindari kerusakan pada isolasi winding(gulungan). Sebelum motor dimasukkan ke dalam operasi setelah lama penyimpanan, Anda harus mengukur resistansi isolasi winding. Jika motor disimpan di tempat dengan kelembaban tinggi, inspeksi berkala diperlukan.

Hal ini praktis tidak mungkin untuk menentukan aturan untuk nilai resistansi isolasi minimum sebenarnya motor karena resistensi bervariasi sesuai dengan metode konstruksi, kondisi bahan isolasi yang digunakan, tegangan, ukuran dan jenis. Bahkan, dibutuhkan pengalaman bertahun-tahun untuk menentukan apakah motor siap operasi atau tidak.

Aturan umum standar tahanan isolasi adalah 10 megaohm atau lebih.


 Insulation resistance value Insulation level
 2 Megohm atau kurang Buruk
 2-5 Megohm Kritis
 5-10 Megohm Abnormal
 10-50 Megohm Baik
 50-100 Megohm Sangat Baik
 100 Megohm /lebih  Excellent

Pengukuran tahanan isolasi dilakukan dengan cara megger (megaohmmeter) - kisaran resistensi yang tinggi ohmmeter. Cara tes megger bekerja: DC tegangan 500 atau 1000 V diterapkan antara gulungan dan ground motor.
Selama pengukuran dan segera setelah itu, beberapa terminal membawa tegangan berbahaya dan TIDAK BOLEH DISENTUH.

Sekarang, tiga poin yang layak disebut dalam koneksi ini: Tahanan isolasi, Pengukuran dan Pemeriksaan.

1. Resistensi Isolasi
   

Resistansi isolasi minimum gulungan yang baru, dibersihkan atau diperbaiki yang diukur dengan ground adalah 10 megaohm atau lebih.

Resistansi isolasi minimum, R, dihitung dengan mengalikan tegangan Un, dengan faktor konstan 0,5 megom / kV.

Sebagai contoh: Jika dinilai tegangan 690 V = 0.69 kV, resistansi isolasi minimum adalah: 0.69 kV x 0,5 megom / kV = 0.35 megaohm.

2. Pengukuran

Resistansi isolasi minimum winding ke ground diukur dengan 500 V DC. Suhu winding sebaiknya 25 ° C ± 15 ° C.
Resistansi isolasi maksimum harus diukur dengan 500 V DC dengan gulungan pada suhu operasi 80-120 ° C, tergantung pada jenis motor dan efisiensi.


3. Pemeriksaan

Jika tahanan isolasi untuk motor baru, dibersihkan atau diperbaiki  yang telah disimpan selama beberapa waktu nilainya kurang dari 10 Mohm, alasannya mungkin bahwa gulungan lembab dan perlu dikeringkan.

Jika motor telah beroperasi selama jangka waktu yang panjang, resistansi isolasi minimum bisa turun ke tingkat kritis. Selama nilai terukur tidak jatuh di bawah nilai yang dihitung dari resistansi isolasi minimum, motor dapat terus berjalan.

Namun, jika turun di bawah batas ini, motor harus segera dihentikan, untuk menghindari  orang-orang terluka akibat tegangan bocor yang tinggi.   
Reference: Grudfos – Motor Book 

0 komentar:

Post a Comment

Please leave your constructive comments and use polite manner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Popular Posts

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More