Monday, September 1, 2014

Tegangan Lebih Akibat Petir



Tegangan lebih dari atmosfer berasal dari sumber yang tidak terkendali dan tingkat kerusakannya pada beban tergantung pada banyak parameter yang ditentukan sesuai tempat sambaran petir dan struktur jaringan listrik.


Dampak petir pada struktur bisa sangat dahsyat, tapi tetap terlokalisir. Perlindungan terhadap efek dari sambaran petir langsung diterapkan pada konduktor petir.

Konsekuensi dari petir, tegangan lebih yang merambat pada instalasi dan peralatan, bisa cukup besar lebih dari radius 10km.





Tegangan lebih tersebut dapat diklasifikasikan menurut sudut pandang dampaknya:

1. Langsung,

2. Dekat (tidak langsung) atau

3. Sambaran petir jauh.

Untuk sambaran petir langsung, tegangan lebih disebabkan oleh aliran arus petir dalam struktur yang bersangkutan dan koneksinya ke bumi. Untuk sambaran petir dekat, tegangan lebih diciptakan dalam loop dan sebagian terkait dengan kenaikan potensial bumi karena aliran arus petir.

Untuk sambaran petir yang jauh, tegangan lebih terbatas pada mereka yang dibuat dalam loop. Terjadinya tegangan lebih akibat petir dan karakteristik mereka statistik di alam dan banyak data masih belum jelas.


Semua daerah tidak sama terbuka dan untuk setiap negara ada umumnya ada peta yang menunjukkan kepadatan sambaran petir.

Ng = jumlah Tahunan sambaran petir di bumi per km2
NK = tingkat Isokeraunic


Ng = Nk / 10 

Di Prancis, jumlah sambaran petir di bumi adalah antara 1 dan 2 juta. Setengah dari sambaran petir ini yang mencapai bumi memiliki amplitudo di bawah 30 kA, dan kurang dari 5% melebihi 100 kA. 
Left: Direct lightning strike on overhead line; Right: Indirect lightning strike on ground

Lightning strike on lightning rod


Perlindungan terhadap efek dari sambaran petir langsung
 
Prinsip pelindung adalah upaya kontrol dari titik dampak dengan menarik petir pada satu atau beberapa titik tertentu (konduktor petir) yang ditempatkan jauh dari tempat yang harus dilindungi dan dengan meneruskan arus pulsa ke bumi.


Beberapa teknologi konduktor petir yang ada dan dapat dari jenis berikut: batang, kandang menyatu, kawat kencang atau bahkan perangkat dasar /priming. Keberadaan konduktor petir pada fasilitas meningkatkan risiko dan amplitudo arus pulsa di jaringan pembumian. 


Penggunaan SPD'S karena itu diperlukan untuk menghindari peningkatan kerusakan pada instalasi dan peralatan.


Proteksi terhadap dampak tidak langsung  dengan menggunakan SPD

Socomec SPD - Type SURGYS

SPD memberikan perlindungan terhadap tegangan lebih transien serta perlindungan terhadap efek dari sambaran petir langsung.


Kesimpulan

Terlepas dari pertimbangan statistik untuk petir dan rekomendasi yang sesuai yang ditetapkan dalam standar-standar instalasi yg selalu berubah, perlindungan terhadap tegangan lebih oleh SPD saat ini secara sistematis diharuskan untuk semua jenis kegiatan industri atau jasa.


0 komentar:

Post a Comment

Please leave your constructive comments and use polite manner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Popular Posts

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More