Monday, August 30, 2010

QR Code, Generasi Baru Teknologi Barcode

Bagi Anda yang pertama kali menjumpai semacam gambar kode segi empat, yang berisi kotak-kotak warna hitam yang tersusun acak, tentu akan dibuat bingung dengan makna code tersebut. Biasanya lambang ini ada dalam suatu artikel Koran, termasuk di situs ini.

Ya, gambar kotak itu biasa disebut QR Code. Jika Anda biasa melihat barcode di produk-produk makanan atau consumers good, maka QR code merupakan pengembangan  2 dimensi dari barcode konvensional tersebut.

Apa itu QR Code?

QR code merupakan singkatan dari Quick Response Code. Pertama kali dikembangkan oleh perusahaan Jepang Denso-Waves di tahun 1994. Saat ini Anda sudah dapat melihat
kode QR di berbagai media, spanduk, website, kaos, dan perangkat lain.

Kode QR dapat menyimpan link url, koordinat geografis, teks dan angka. Dibanding barcode biasa, QR memiliki ruang penyimpanan data yang besar. Untuk kode angka dan huruf, mereka mampu mneyimpan hingga 4,296 karakter. Bandingkan dengan barcode konvensional yang hanya mampu menyimpan 20 digit.

Bagaimana Mengakses QR code dari ponsel?

Untuk membaca kode QR, Anda membutuhkan aplikasi QR reader. Aplikasi ini bisa didownload langung ke ponsel dengan mengetikkan alamat http://reader.kaywa.com di browser ponsel dan kemudian mengikuti petunjuk di dalamnya.

Anda juga dapat mendownload aplikasi QR reader melalui komputer di alamat  http://reader.kaywa.com/getit. Sebelumnya, Anda akan diminta untuk melakukan registrasi.

QR Code dan WEB

Sekarang, coba jalankan aplikasi QR reader di ponsel Anda. Arahkan kamera ke kode QR yang ada di cover depan atau di bawah ini.
Bila berhasil, maka ponsel Anda akan membuka situs fariedrj.blogspot.com dan membuka halaman web ofisial homepage tersebut.

0 komentar:

Post a Comment

Please leave your constructive comments and use polite manner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Popular Posts

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More